Friday, November 28, 2014

Petisi pertama ke Presiden Jokowi, berhasil!

 
Setelah dipetisi Cik Manan untuk #BlusukanAsap, Jokowi akhirnya datang ke desa Sungai Tohor, Riau
Sebar Kemenangan

Guntur, 

Perkenalkan, orang yang di sebelah Jokowi itu Cik Abdul Manan. 

Seorang warga biasa di  Desa Sungai Tohor, Kep. Meranti, Riau. Ia salah satu dari jutaan manusia yang terkena dampak kebakaran gambut yang terjadi setiap tahun selama 17 tahun di Riau.

Bulan lalu, ia datang ke Jakarta dengan sebuah tekad, membuat petisi untuk mengundang Pak Jokowi ke Riau, untuk #BlusukanAsap. 

Setelah didukung oleh hampir 28 ribu tanda-tangan dan muncul di berbagai media, Kamis lalu ia bersama warga satu desa bersukacita. 

RI 1 bersama Bu Menteri Siti Nurbaya menjawab petisi dan datang ke Sungai Tohor untuk #BlusukanAsap. Petisi Cik Manan dan 28 ribu lainnya, berhasil.

Dengan #BlusukanAsap tersebut, Pak Jokowi bisa melihat langsung bukan hanya dampak dan intensitas dari kebakaran, tapi juga potensi-potensi solusi. Ia pun juga turun langsung menyekat kanal di lahan gambut bersama Pak Manan dan warga lainnya.

Ini pernyataan yang disampaikan Jokowi dan terekam pada video Koalisi #BlusukanAsap di atas:

"Dengan menyekat kanal, lahan gambut akan basah sehingga tidak akan mudah terbakar atau dibakar. ...yang paling baik memang diberikan ke masyarakat untuk diolah menjadi lahan sagu. Lahan yang dikelola masyarakat biasanya ramah terhadap ekosistem"

Soal izin perusahaan yang merusak lingkungan, ini yang dikutip Tempo:

"Saya sudah minta Kementerian Kehutanan terus cek di lapangan. Jika merusak ekosistem, langsung saja diputus,"

Kemenangan petisi BlusukanAsap ini tidak lepas dari kordinasi yang dilakukan oleh koalisi masyarakat sipil yaitu Walhi, Greenpeace Indonesia, Yayasan Perspektif Baru, dan orang-orang seperti DR Haris Gunawan selaku ahli gambut, Bu Butet Manurung dan Bu Suzy Hutomo yang ikut menggaungkan petisi. 

Cik Manan dan koalisi berencana untuk terus mengawal penyataan-pernyataan Presiden, sampai diterjemahkan dalam tindakan nyata. 

Kalau Guntur terinspirasi dengan keberhasilan petisi Cik Manan, silakan sebar berita ini. Bahkan, kalau ada yang ingin diubah, langsung mulai petisinya di sini.

Siapa tahu, petisi yang berhasil berikutnya, petisi Guntur :)

Salam, 

Arief Aziz

Change.org Indonesia

@ChangeOrg_ID

http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/11/presiden-jokowi-jawab-permintaan-blusukan-asap-ke-riau/1


Email ini dikirim kepada gunturptc@gmail.com   |   Mulai sebuah petisi
Berhenti berlangganan. Edit pengaturan notifikasi email Anda.

No comments:

Post a Comment